Skip to main content

MELAWAN JERAWAT TERPARAH SEPANJANG HIDUP !!



Hi Beauty !

As I promise, kali ini blog aku bukan mengenai review makeup or skin care tapi blog kali ini adalah drama dari kehidupan yang membuat tingkat kepercayaan diri menurun begitu juga dompet yang isinya semakin receh. Apalagi kalau bukan JERAWAT ! ada ngga sih yang seneng di wajahnya ada jerawat ? kayanya sih ngga ya hahaha mengingat kalo ada jerawat bikin tambah ngga pede dan linu sakit atau apose apose lah yang terasa di wajah karena jerawat. Pada umumnya jerawat sendiri bisa muncul karena faktor apapun seperti hormone, tidak cocoknya skincare atau makeup, pola makan dan tidur yang berantakan, kurangnya olahraga, stress bahkan dari makanan yang kita makan. Banyak banget kan? Tapi aku ngga akan bahas panjang lebar tentang penyebab jerawat karena tentunya ada yang lebih expert dan paham tentang jerawat.

Disini aku hanya akan membahas bagaimana aku berjuang memusnahkan semua jerawat yang ada di wajah selama kurang lebih 10 bulan ini. Selama 10 bulan tersebut ngga literally jerawatan terus kok, tapi lebih kaya pasang surut gitu, dan jerawat diwajahku semakin lama semakin berevolusi menjadi jerawat yang mengerikan hih bayanginnya aja aku udah ngga sanggup. Awal mula jerawatku muncul hanya sekedar bruntusan biasa yang aku anggap ini terjadi karena perubahan cuaca (pada saat itu aku sedang liburan di Yogyakarta) so I think its gonna be fine sampe aku balik Bandung. Dan apa yang terjadi ? bruntusan tiap bruntusan muncul sedikit demi sedikit hingga ya lumayan bikin wajah ku super duper gradakan parah bahkan sampe pegang muka sendiri pun aku ngga mau. Pada saat itu skincare yang aku gunakan pun bisa dibilang banyak banget dalam artian aku gonta-ganti skincare dalam waktu yang sangat singkat tanpa adanya adaptasi terlebih dahulu.
Aku pikir wajahku dalam kondisi breakout tapi ternayata aku salah, kondisi wajahku adalah purging (reaksi buruk akibat penggunaan kosmetika dalam waktu yang lama) stress ? udah jelas stress ! bingung pake produk apapun ngga mempan sama sekali baik dengan skincare drugstore maupun dengan perawatan herbal (daun binahong yang dikalangan orang-orang famous dapat menyembuhkan jerawat) Honestly, i’m so tired karena jerawat yang aku alami semakin parah hingga meradang. Yang paling buatku sedih adalah ngga bisa main makeup sesering yang aku inginkan, lalu tanggung jawabku untuk mereview beberapa produk yang sudah dikirim dari brand mendadak goyah karena kondisi wajah yang boleh aku bilang TERPARAH SEPANJANG HIDUP.

Awal mula bruntusan hingga jerawat terparah

Kamu pernah ngerasain ngga sih ketika orang-orang menyerang dengan banyaknya pertanyaan dan pernyataan “kok jerawatan sekarang? Dulu kan mulus” “kamu pake produk apasih sampe mukanya kaya gitu?” “makannya jangan kebanyakan main makeup jadi rusak kan?’ “coba pake ini itu ini itu” OMG you don’t know betapa lelahnya aku berjuang agar jerawatku hilang muka aku sembuh dan kembali mulus. What works for you may not works for me, ngga bisa dong aku menyamakan skincare ku atau cara perawatan wajahku dengan orang lain? Karena basically setiap orang itu unik memiliki jenis kulit yang bener-bener beda.


Aku sempet mikir awalnya apa karena gaya hidup aku yang ngga sehat ? honestly aku doyan banget junkfood dan kawan-kawannya sampai yang awalnya diet untuk menurunkan berat badan malah jadinya aku fokus makan bersih agar kulitku juga bersih. Karena logikanya kalau makanan yang dimakan itu bagus dan sehat, diluar juga seharusnya sama dong? (maaf kadang ku suka sotoy wkwkwk) tapi karena udah mumet dan bingung harus gimana lagi akhirnya aku menyerah dengan keadaan ini dan memutuskan untuk ketemu dengan dokter kulit, tapi banyak banget orang-orang merekomendasikan dokter kulit paling hits dan bagus versi mereka. But aku balik lagi ke klinik kulit aku terdahulu (tepatnya 2015 aku pernah jerawatan tapi ngga separah sekarang dan sembuh dengan cepat) yaitu ERHA.

Aku konsultasikan kulitku ke ERHA di jl. Soekarno hatta which is tempatnya bersebrangan dengan jalan masuk tempat tinggal aku, deket banget kan ? awalnya pada tahun 2015 itu aku bertemu dengan dokter Nathalia, tapi hari itu aku datang beliau ngga ada dan yang ada praktek adalah dokter Eduard. Karena udah nanggung aku konsultasikan dengan dokter Eduard, sempat ada keraguan karena ada rasa khawatir dokter yang sekarang ngga akan cocok  dan cara pengobatannya pun pasti berbeda dengan dokter sebelumnya (case jerawat yang berbeda dengan tahun sebelumnya) dan sempat pesimis juga pengobatan ini akan berlangsung lama, penuh drama dan melelahkan.


Pertama kali dateng itu pikiran pertama bisa berapa lama sembuh dan berapa banyak biaya yang bakalan aku keluarin untuk memusnahkan jerawat ini, ya ngga dipungkiri dong dateng ke dokter kulit, banyak biaya yang keluar mulai dari biaya konsultasi, obat serta treatment.


Saat bertemu dokter Eduard dan memulai konsultasi, dokter tanya “skincare apa saja yang digunakan?” but u know aku tipikal orang yang ngga bisa to the point, so aku cerita dari awal kenapa si jerawat ini muncul sama dokter, dan beliau hanya senyum aja dan sambil nanya lagi “sudah tau penyebabnya apa?” dan aku jawab “gonta ganti skincare dalam waktu singkat dok?” dokter jawab “Pemicu utamanya bisa jadi karena gonta ganti skincare, untuk yg lainnya bisa dari faktor stress, makanan dan pola tidur”.
Pokoknya di hari itu aku konsultasi bener-bener detail banget sharing sama dokternya sampai akhirnya dokter memutuskan untuk kasih aku obat yang diminum which is antibiotic dan obat yang digunakan di wajah berupa cream racikan apoteker dari resep dokter.

 ini adalah foto kondisi wajah aku saat pertama kali konsultasi dengan dokter


Ini dia catatan yang udah aku salin ulang karena catetan dokter agak sulit dibaca hahaha u know what I mean

Ini obat yang aku dapat di konsultasi pertama
Hm ribet banget ya satu muka dipakein cream yang beda – beda, cuci muka sampe sehari 3x, belum lagi obat yang diminum harus tepat waktu, selama 14 hari itu jerawatku timbul tenggelam ketika yang lama sembuh ternyata muncul lagi yang baru di spot yang berbeda dan jerawat yang muncul pun luar biasa besar-besar sampe aku bingung apa ada yang salah apa pengobatannya ngga berhasil ? padahal dikonsultasi selanjutnya dokter sudah merekomendasikan untuk treatment Acne peeling. Aku ngga bisa bayangin ketika jerawat yang luar biasa pedih dan bikin-bikin linu ini terus di treatment gitu.

 ini kondisi wajah aku 13 hari setelah konsultasi, semakin parah semakin meradang sampe pipi bengkak. pedih luar biasa !


Setelah 14 hari, aku dateng lagi ke klinik untuk treatment (karena saran dokter), dengan perasaan was-was, karena ngga mungkin banget untuk jerawat yang meradang ini harus di treatment. Dan dugaanku benar therapist nya menggiring aku ke ruang treatment, tapi aku langsung menolak keras dan bilang sama therapist nya “Mba, serius di treatment? Muka ku lagi meradang gini ?"  "coba Mba cek muka aku waktu pertama dateng kesini” sampai akhirnya aku ketemu dokter Eduard untuk konsultasi lagi. Dan dokter agak kaget karena ekspetasi nya dia jerawat ku sudah dalam kondisi kering tapi nyatanya meradang, dokter Eduard memutuskan untuk kasih aku resep lagi dan menambahkan dosis obat pada cream dan menambah 1 macam antibiotic untuk diminum. (but so sorry, aku lupa untuk foto obat yang aku dapat di konsultasi kedua) kurang lebih dikonsultasi kedua obatnya sama dengan yang konsultasi pertama, ada tambahan 3 cream dan 1 antibiotik. totalnya 7 macem cream, 1 obat jerawat, 1 sabun muka dan 2 antibiotik untuk diminum.


So ini dia metamorfosa wajahku dari awalnya muncul bruntusan sampe jerawatan sampe sembuh lagi. Sorry if this picture so disgusting..


kondisi wajah masih dalam fase bruntusan yang wajar


kondisi wajah semakin tidak wajar 


kondisi wajah dengan bruntusan yang semakin menyebar sampe ke leher


kondisi wajah semakin menyeramkan bak monster ! 


jerawatku disini mulai kempes - kempes 


  jerawat mulai mengering


jerawat semakin mengering hingga wajahku kaku tak mampu mengunyah wkwkwk lebay ngga sih 


jerawatku semakin membaik gengs hohoho so happy ! 

Konsultasi ketiga aku jalani, karena kebetulan obatnya sudah habis dan jerawatnya pun udah ngga ada sama sekali, tinggal bekasnya aja loh yang tersisa jadi pengobatan selanjutnya adalah menghilangkan bekas jerawat. Dan aku dikasih resep lagi tapi lebih sedikit dari sebelumnya dan ada cream whitening untuk menyamarkan bekas jerawatnya, antibiotik juga masih dikasih :(  ini dia obat dan creamnya ...



 
Ini kondisi wajahku pada tanggal 10 Desember 2017 it's gettin' better right ?



Nah selama masa pengobatan aku agak bandel-bandel gitu karena curi-curi waktu untuk pake masker wajah Vienna yang khusus berjerawat tapi dokter waktu itu masih mengizinkan as long as the product ngga bikin lembab di wajah karena dikhawatirkannya akan jadi kontra indikasi yang mengakibatkan jerawatku semakin meradang. Nah sampai pada akhirnya aku jadi penurut dan rajin banget untuk konsultasi sama dokter akan adanya setiap perubahan yang terjadi di wajah lewat Whatsapp karena kebayang dong bolak balik konsultasi di klinik habis jatah jajan aku huehehe dan dokter menyarankan beberapa treatment seperti Blue Light Therapy, Acne Peeling, dan Facial. Tapi karena waktu treatmentnya ngga pernah cocok, dan harganya yang cukup pricy aku berkeyakinan bahwa si jerawat ini akan musnah tanpa perlu treatment so ya aku sudah konsultasi dengan dokter di klinik sebanyak 3x dan aku belum pernah treatment sama sekali.

Alhamdulillah jerawat ku hilang! mulai pengobatan dari tanggal 24 September 2017 dan tepatnya hari ini tanggal 25 Desember 2017 (kurang lebih 4 bulan), dan yang ada hanya bekas jerawatnya aja. Jadi dari kejadian ini aku mengambil hikmah bahwa hidup jangan sembarangan hahaha sembarangan pake skincare, sembarangan makan yang ngga sehat dan mengajarkan aku untuk tetap optimis dan sabar bahwa jerawat pasti akan sembuh kalau kita ada usaha dan konsisten dalam pengobatan, ya walaupun biaya yang dikeluarkan sungguh menyayat hati dan merogoh kocek tapi hasilnya tidak mengkhianati (tapi tetep kudu sabar untuk ilangin bekas jerawatnya).Jadi apapun masalah kamu dengan jerawat kuncinya adalah sabar, dan kalau kondisinya udah parah banget sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter kulit.


So ya that’s all my experience how to fights the acne, thank u juga untuk keluarga sama semua temen-temen ku yang udah support huehehe semoga pengalamanku bisa membantu dan memberikan pencerahan buat kalian yang lagi berjuang untuk melawan jerawat ! satu pesanku jangan pencet jerawat ntar bopeng hohoho (pengalaman sendiri) 

Thank u so much for reading blog terpanjang ku ! I’ll see u on my next blogpost bye 💋
 




Post a Comment

Popular posts from this blog

PURBASARI LIPSTICK COLOR MATTE (91, 92, 93, 94 & 95)

Lipstick adalah salah satu item yang penting dan wajib untuk dibawa kemana-mana bener ngga sih girls? aku pribadi ngga bisa untuk ngga bawa lipstick. aku punya salah satu lipstick favorite merek lokal punya dengan harga yang murah cuman 30ribuan doang dan kualitas oke punya, dan aku yakin kalian semua udah tau mungkin udah pake juga lipsticknya.
Yaasss ini dia Purbasari Lipstick Color Matte !! kebetulan aku dapet kiriman 5 warna terbaru no. 91, 92, 93, 94, dan 95.
So here's the picture... 

1. Kemasan (Packaging) 
Kemasannya masih sama dengan shades sebelumnya (81-90) kotak warna hitam dengan keterengan warna pada bagian ujung kanan atas. Purbasari Lipstick color matte ini dikemas dalam tabung hitam dengan tulisan berwarna emas "purbasari" memberikan kesan klasik dan elegan.
2. Tekstur 
Purbasari Lipstick Color Matte ini mempunyai tekstur matte atau tidak mengkilap sesuai dengan namanya. 1 hal yang bikin aku suka dari lipstick ini adalah wanginya yang khas kaya penghapus wa…

Review Drops Of Youth The Body Shop #skingoals

Hi Beauty !

Siapa sih yang ngga pengen punya kulit sehat, halus dan mulus ? ah aku sih mau banget ! jadi di 2017 ini aku punya #skingoals which is.. kulit sehat bebas jerawat, noda hitam, komedo, big pores, dan penuaan dini. banyak banget ya ? hahaha tapi setiap orang pasti memiliki #skingoals yang berbeda-beda. pada tanggal 19 Januari - 30 Januari 2017 The Body Shop Indonesia menyelenggarakan #skingoals competition di Instagram dengan cara menjawab di kolom komentar tentang #skingoals kamu dan 3 jawaban terbaik mendapatkan hadiah rangkaian produk skin care Drops Of Youth. (Alhamdulillah rezekinya aku terpilih sebagai salah satu dengan jawaban terbaik).
Drops Of Youth itu apasih? Drops Of Youth adalah serangkaian produk skin care yang membantu merawat kulit kamu menjadi lebih sehat, mencegah penuaan dini, menyamarkan garis-garis kerutan di wajah, membuat wajah semakin halus, segar, dan cerah. Drops Of Youth ini menggunakan 100% natural dan vegetarian ingredients. Ok, biar ngga lama la…

Review Maybelline Fit Me Foundation dan Concealer

Hi Beauty !
Ini pertama kalinya aku posting di blog hahaha such an amateur... kali ini aku mau bahas salah satu produk yang baru aja masuk ke Indonesia, Yes Maybelline Fit Me ! Maybelline Fit Me ini merupakan rangkaian base makeup mulai dari foundation Maybelline Fit Me Matte Poreless Foundation untuk jenis kulit oily dan Maybelline Fit Me Dewy Smooth Foundation untuk jenis kulit normal-dry, Maybelline Fit Me Concealer, dan bedak. Disini aku akan bahas Foundation dan Concealer nya karena beberapa hari yang lalu aku baru beli hehehe. soooo ini diaaa...
1. Maybelline Fit Me Foundation Berhubung jenis kulitku normal to oily jadi aku pake Maybelline Fit Me Matte+Poreless shade 220 Natural Beige. First Impression about this product ...packaging nya keren parah karena ngga kalah kece sama produk-produk High end dengan botol kaca dan tutup botol warna hitam tapi sayang banget mulut botolnya ngga ada pump jadi kalo lagi buru2 suka kebanyakan gitu si foundie nya (but so far ga masalah sih). u…